Tuesday, December 15, 2009

Promosi Lewat Facebook


Sebagian orang memanfaatkan Facebook untuk tetap saling berhubungan dengan teman-teman di sekeliling mereka. Fenomena yang banyak terjadi belakangan ini adalah maraknya promosi atau kampanye-kampanye yang dilakukan dengan memanfaatkan situs jejaring sosial seperti Facebook. Sering ketika kita membuka Facebook untuk pertama kali, di bagian notifikasi akan ada peringatan untuk bergabung dengan sebuah grup, dan setelah dibuka grup tersebut merupakan suatu group kelompok tertentu yang memiliki tujuan tertentu pula. Promosi di sini bisa bersifat politik seperti kampanye, juga ada yang bersifat sosial, komersil, edukasi dan sebagainya. Pemilik grup mencoba mempromosikan kepentingannya dengan harapan agar dapat dilihat oleh orang banyak secara efektif dengan jangkauan daerah yang luas di mana saja dan kapan saja orang ingin melihat.

Promosi yang dilakukan melalui situs jejaring sosial seperti Facebook memang sangat efektik dilakukan saat ini mengingat sudah banyak sekali orang yang memiliki akun Facebook. Beberapa kelebihan yang ditawarkan adalah:

1. Tidak terikat tempat dan waktu
Promosi lewat Facebook bisa dilakukan dan dilihat di mana saja dan kapan saja selama server Facebook tidak sedang down tentunya.

2. Lebih mudah menerima feedback
Salah satu kelebihan Facebook adalah komentar-komentar yang diberikan dapat dilihat secara live dan mudah dalam memberikan komentar. Selain itu, ketika grup itu menerima komentar, maka semua orang yang pernah berkomentar walaupun bukan anggota grup itu sekalipun akan menerima notifikasi sehingga memancing perhatiannya untuk melihat komentar terbaru yang ada.

3. Lebih mudah menarik perhatian
Banyaknya orang yang memiliki akun Facebook akan memudahkan proses publikasi dari promosi itu sendiri. Ketika kita membuat grup, otomatis akan mengundang semua teman kita, dan teman dari teman kita akan mendapat notifikasi bahwa temannya telah gabung di grup tertentu sehingga ia tertarik untuk gabung, begitu seterusnya mengalir, bagaikan bisnis MLM aja ya …

Dengan melihat kelebihan-kelebihan di atas, mengapa tidak mulai mencoba mempromosikan apa yang kita punya, seperti usaha yang ada, lelang barang, bahkan jika anda ingin mencalonkan diri sebagai caleg, tak ada salahnya mempromosikan diri anda melalui Facebook, siapa tahu akan terpilih nantinya.

0 comments:

Post a Comment