Saturday, January 21, 2012

Ranking UI Hampir Mencapai 200 Universitas Terbaik Dunia

Sebuah lembaga pemeringkat perguruan tinggi prestisius Times Higher Education – QS World University Ranking (THE – QS World) mengumumkan secara resmi ranking 500 universitas terbaik di dunia.


Adapun indikator yang dijadikan rujukan THESS dalam membuat ranking diantaranya, 1. Performa riset dan publikasi, 2. Performa dalam pengajaran seperti selektifitas, efisiensi internal, prestasi mahasiswa, dsb, 3. Internasionalisasi, 4. Performa lulusan dalam kaitan dengan penyerapannya oleh pasar tenaga kerja, dan ke 5. Governance.

Dalam ranking tersebut Universitas Indonesia (UI) meningkat secara tajam hampir menduduki ranking 200 dunia (ranking 201) dibandingkan dengan ranking tahun sebelumnya(ranking 287.

Universitas ternama di Indonesia ini, mengalahkan universitas-universitas prestisius di Filipina, Malaysia dan Vietnam. Bahkan dalam bidang social science mencapai rangking 102 dan arts and humanities (rangking 104).

Dengan demikian, UI termasuk dalam jajaran universitas elit di Asia (rangking 34 Asia) dan ASEAN (rangking 5). Rangking tersebut mencerminkan UI sangat diperhitungkan di dunia sebagai "raising university"

Prestasi UI bersama-sama dengan ITB dan UGM (tahun lalu ITB dan UGM berada di kelompok 400 ) masuk dalam kelompok universitas penting besar dunia turut merefleksikan meningkatnya pengaruh Indonesia dalam kancah global, terutama pada sektor pendidikan.

Selain itu untuk mewujudkan misinya sebagai the World Class Research University, Universitas Indonesia terus menerus mengimplementasikan integrasi melalui tiga pilar: konsolidasi internal, horisontalisme, dan kolaborasi global.

Ini sebagai gambaran bahwa universitas di Indonesia juga mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan universitas-universitas yang ada di mancanegara. Kita harus bisa bersaing dalam pencapaian kualitas yang lebih baik dalam dunia pendidikan dengan prestasi mendapatkan peringkat universitas terbaik.

0 comments:

Post a Comment